jangan hanya puas dengan hasil sedikit tapi puaslah karena usaha anda yang banyak dan berhasil. ingat!!! hasil akhir dari usaha anda itu penting

September 22, 2012

Langkah-langkah Penelitian Skripsi


Dalam penelitian ini digunakan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Menetukan Jenis Data

Jenis data dalam penelitian ini secara garis besar yang terkumpul akan diklasifikasikan ke dalam data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang tidak berbentuk angka misalnya, penjualan merosot, mutu barang naik karyawan resah, dan sebagainya. Jelas data ini di dapat dari hasil wawancara dan observasi yang meliputi gambaran umum sekolah dan proses belajar mengajar.
Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka atau bilangan, data ini didapat dari hasil angket. Data pokok dari penelitian ini secara material akan diarahkan untuk menggali kenyataan-kenyataan tentang tanggapan siswa terhadap penerapan model belajar mind mapping dalam pelajaran pendidikan islam hubungannya dengan pemahaman belajar mereka pada materi pelajaran pendidikan agama islam (PAI) siswa kelas VIII SMP Ciamis.

  • Menentukan Sumber Data

a. Penentuan Lokasi Penelitian
Lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah di  SMP Ciamis , kabupaten  Ciamis , mengingat lokasi tersebut tersedia data dan sumber yang dibutuhkan untuk diteliti juga masalah yang relevan dengan rencana penelitian, sehingga sangat memungkinkan memperoleh informasi yang lengkap untuk menjawab permasalahan yang telah dirumauskan.
b. Penentuan Populasi dan Sampel
1) Populasi
Populasi adalah objek penelitian yang harus ditetapkan keberadaanya, karena populasi adalah sumber data bagi peneliti. “Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas: objek atau subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya”.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Ciamis. Menurut keterangan Kepala sekolah SMP Ciamis, jumlah seluruh siswa kelas  VIII SMP Ciamis   adalah 90 siswa yang terdiri dari 3 kelas.
2) Sampel
Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Penetapan jumlah sampel dalam penelitian ini penulis menggunakan prinsip yang dikemukakan oleh Suharsimi Arikunto (2006:134) sebagi berikut: 
“Untuk sekedar ancang-ancang, maka apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Tetapi, jika jumlah subjeknya besar, dapat diambil antara 10-15% atau 20-25% atau lebih, tergantung setidaknya dari:
1) Kemampuan peneliti dilihat dari waktu, tenaga dam dana.
2) Sempit luanya wilayah pengamatan dari setiap subjek, karena hal ini menyangkut banyak sedikitnya dana.
3) Besar kecilnya resiko yang ditanggung oleh peneliti. Untuk penelitian yang resikonya besar, tentu sajah jika sampel besar, hasilnya akan lebih baik.”

Mengingat populasi kecil, peneliti menggunakan populasi karena berdasarkan pendapat diatas.

Baca Yang ini

Musik Mp3

Filsafat

Bimbingan Konseling

Ilmu Alam

Artikel