jangan hanya puas dengan hasil sedikit tapi puaslah karena usaha anda yang banyak dan berhasil. ingat!!! hasil akhir dari usaha anda itu penting

November 4, 2012

Asal Mula Bahasa Samiyah

asal usul bahasa samiyah atau semit di nisbatkan kepada salah seorang anak nabi Nuh yaitu Sam. orang yang pertama kali memberikan istilah tersebut ialah Schlozer tahun 1781 ketika waktu itu ia mencari nama bagi bahasa orang Ibrani dan bangsa Arab.
Bahasa Samiyah ialah bahasa yang digunakan oleh bangsa-bangsa semit atau keluarga besar Sam.
tentang kawasan bangsa semit pada awal penyebarannya di kemukakan oleh beberapa teori yaitu:

  • teori afrika
teori ini dikemukakan oleh Theodor Noldeke. ia mengatakan "Keserumpunan Bangsa Semit dan Bangsa Hemit menunjukan bahwa kawasan asal bangsa semit adalah Arika" Bangsa Hemit adalah penduduk asli Afrika. teori ini mendasarkan pada kesamaan bentuk fisik dari kedua bangsa tersebut yaitu mereka sama-sama memiliki ukuran tulang betis yang kecil dan keduanya memiliki bentuk rambut yang keriting. tetapi Theodor mengakui bahwa teori ini masih sebatas hipotesa dan masih diperdebatkan oleh para ilmuan.

  • teori armenia
teori ini dikemukakan oleh serang peneliti dari Perancis yang bernama Renan. ia mengatakan bahwa bangsa Semit berasal dari kawasan Armenia. Ia mendasarkan teorinya pada isi Kitab perjanjian Lama (Bible). yaitu

  1. pasal tentang penciptaan alam semesta dalam perjanjian lama yang pada salah satu referensinya terdapat pada ayat 10 butir 22-24. namun setelah diteliti lebih dalam lagi ternyata bukan pada ayat tersebut, tetapi terdapat pada ayat 10 butir 30. pasal tersebut berbunyi: 
 ayat 10 butir 30 " Daerah kediaman mereka terbentang dari Mesa ke arah Sefar yaitu pegunungan di sebelah timur  (pegunungan Ararat di Armenia).

  • teori babilonia
teori ini dikemukakan oleh dua orang peneliti yang bernama Ignatius Guidi dan Frest Hummel. mereka mengatakan dalam tulisannya yang diterbitkan tahun 1879 " Kawasan asal bangsa semit adalah hilir sungai Eufrat yaitu lembah Daratan Irak (Babilonia). mereka mendasarkan teorinya ini dengan ditemukannya kesamaan sebagian besar nama-nama dan istilah dai Babilonia lebih dekat dengan Bahasa Akkadia.
teori ini dikemukakan oleh Esbiringer dkk. mereka mengatakan bahwa "Jazirah Arab merupakan kawasan asal bangsa semit".

Baca Yang ini

Musik Mp3

Filsafat

Bimbingan Konseling

Ilmu Alam

Artikel