jangan hanya puas dengan hasil sedikit tapi puaslah karena usaha anda yang banyak dan berhasil. ingat!!! hasil akhir dari usaha anda itu penting

October 15, 2012

Isytiqoq Figh Lughoh

Isytiqoq artinya mengambil bagian sesuatu. Isytiqoq dalam huruf berarti mengambil sebagian huruf dari huruf tersebut. Isytiqoq dalam definisi terminologi adalah mengambil sesuatu dari kata kata lain dengan melalui proses perubahan tetapi masih sesuai dengan makna. Definisi lain menyebutkan bahwa Isytiqoq adalah pengmbilan lafazh dari lafazh lain dengan syarat adanya kesesuaian makna, tarkib dan shighoh.
pembagian Isytiqoq terbagi ke dalam tiga macam yaitu:
  • Isytiqoq as-shagir
Isytiqoq as shagir ialah pengambilan lafazh dari lafazh lain dengan syarat adanya kesesuaian dalam makna, huruf asal dan susunannya. Contoh isytiqoq isim fail ضارب, isim maf'ul مضروب, dan fiil ضرب dari masdar ضربا . menurut pendapat ulama Basroh di ambil dari fiil ضرب, sedangkan menurut ulama Kufah berasal dari masdar ضربا.
Isytiqoq as-shagir terbagi ke dalam dua macam:
(1) Isytiqoq dari nama benda seperti الذهب  menjadi kata مذهب
(2) masdar sina'i yaitu kata yang ditambah dengan iya nisbat dan ta untuk mengungkapkan sauatu makna yang dihasilkan masdar. Namun bangsa Arab tidak banyak menggunakan model ini  kecuali dalam beberapa puluh kata saja.
  • Isytiqoqo Kabir
Isytiqoq al kabir ialah dua kata yang diantara kedua kata tersebut ada kesesuaian  dalam lafazh dan maknanya walaupun susunan hurufnya berbeda. Contoh حمد  dan مدح.
  • Isytiqoq al Akbar / Al Ibdal Al Lughowi
yaitu menempatkan suatu huruf pada tempat huruf lain dalam sebuah kata. seorang ahli bernama Wafi menjelaskan bahwa isytiqoq al akbar merupakan hubungan sebagian kumpulan tiga bunyi dengan sebagian makna berupa hubungan yang tidak terikat dengan bunyi itu sendiri tetapi didasarkan pada bentuknya yang umum dan susunannnya saja. Setiap kumpulan bunyi tersebut menunjukan makna yang berhubungna ketika bunyi tersebut tersusun sesuai dengan susunan asalnya baik bunyi tersebut tetap atau diganti dengan bunyi lain yang sesuai dengan bunyi tersebut dalam macamnya. Yang disebut bunyi yang sesuai dalam macamnya ialah bunyi yang berdekatan dalam tempat keluarnya bunyi itu atau sesuai dalam sifat-sifatnya. 

Baca Yang ini

Musik Mp3

Filsafat

Bimbingan Konseling

Ilmu Alam

Artikel