الإعداد التدريس
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MTs Sukamulya
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas : VIII (Delapan)
Semester : Ganjil
Alokasi Waktu : 2 × 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI
§ Mendemontrasikan hiwar tentang الهواية dengan intonasi yang baik dan benar.
§ Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang الهواية.
II. KOMPETENSI DASAR
§ Melapalkan dialog sesuai konteks dengan baik dan benar.
§ Memahami makna hiwar tentang الهواية.
III. INDIKATOR PENCAPAIAN
§ Siswa dapat melafalkan teks yang terdapat pada hiwar tentang الهواية dengan baik dan benar.
§ Siswa dapat melakukan percakapan sesuai dengan teks hiwar tentang الهواية.
§ Siswa dapat mendemontrasikan hiwar tentang الهواية dengan intonasi yang baik dan benar.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
· Peserta didik mampu mendemontrasikan percakapan tentang الهواية secara berpasang.
· Peserta didik mampu mendemontrasikan materi hiwar tentang الهواية dengan intonasi yang baik dan benar.
· Peserta didik mampu mengucapkan dialog sederhana tentang الهواية.
V. KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN
· Disiplin (Discipline)
· Rasa hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun, ( diligence )
· Tanggungjawab ( responsibility )
· Berani.
VI. MATERI AJAR
Ø Hiwar
v الهواية
المسرف : ما هوايتك يا فريد ؟
فريد : هوايتي القرأة يا أستاذ.
المسرف : وأنت يا فوزية ؟ ما هوايتك ؟
فوزية : هوايتي الطبخ يا أستادذ.
المسرف : وأنت تختار إذن جمعيّة القرأة.
وأنت تختارين إذن التدبير المنزيل.
ü المفردات
ü Kelompok : جمعيّة
ü Kesejahteraan keluarga: المنزيل التدبير
ü Hobi : الهواية
ü bacaan : القرأة
ü Koki/masak : الطبخ
VII. PENDEKATAN METODE PEMBELAJARAN
v سمعيّة وشفويّة
VIII. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Ø KEGIATAN AWAL
· Guru masuk kelas dan memberi salam
· Memulai pelajaran dengan bacaan bismallah dan berdo’a.
· Guru mengisi absen siswa.
· Merapihkan tempat duduk peserta didik.
· Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Ø KEGIATAN INTI
ü EKSPLORASI
· Melibatkan peserta didik secara aktif untuk mengungkapkan kata-kata yang berkaitan dengan hobi ( الهواية )
· memfasilitasi siswa untuk mendemontrasikan percakapan tentang الهواية .
ü ELABORASI
· Mengarahkan peserta didik untuk berbicara bahasa Arab.
· Memfasilitasi peserta didik untuk mendemontrasikan percakapan dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar.
· Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
· Peserta didik mengerjakan beberapa soal sesuai materi pelajaran.
ü KONFIRMASI
§ Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
§ Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
§ Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.
§ Membantu siswa menyelesaikan masalah.
Ø KEGIATAN PENUTUP
§ Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
§ Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
§ Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya.
§ Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
IX. SUMBER/ BAHAN AJAR
ü Alat:
· Papan Tulis
· Spidol
· Karton
· Media Pengajaran
ü Sumber :
· Buku paket : Buku Bahasa Arab Kelas VIII Semester 1
· Kamus bahasa arab
X. PENILAIAN
Indikator pencapaian | Teknik penilaian | Bentuk instrumen | Contoh instrumen |
v Mencocokan jaawaban yang sesuai terhadap pertanyaan yang sudah disiapkan. v Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana hiwar tentang الهواية | Tes tulis Tes lisan | Tanya jawab Tanya jawab | تدريبات Mengungkapkan informasi dari hiwar tentang الهواية |
v تدريبات على مفردات
§ تدريب
صل بين العبارات المناسبة.
1. ماالموض الحوار ؟ | § اقرأ الكتب الإسلاميّة |
2. ماهوياتك ؟ | § أختار جمعيّة القراءة |
3. ماذا تقرأ ؟ | § الهواية |
4. أيّ جمعيّة تختار ؟ | § القراءة |
Bandung, 27 Oktober 2011
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
NIP NIP
http://miftahfauzi38.blogspot.com/